Mom’s Life : Tips Agar Bayi Sehat, Ceria, dan Tidak Rewel

bayi arjuna
bayi arjuna

Apakah bunda mama muda dan baru pertama punya anak bayi? Kalau iya kita tos dulu karena Baby Arjuna juga anak pertamaku bun. Sekarang Adek Juna udah genap 4 bulan. Sejak lahir adek Juna bisa dibilang bayi yang nggak rewel dan ceria. Tapi bukan berarti nggak pernah rewel. Nangis kejer selama berjam-jam juga pernah bun tapi lumayan jarang dalam 4 belan bisa dihitung 3x bun dan itu 1-3 jam. Selain itu biasanya cuma merengek biasa “eeh eeeh” yang keliatan nggak nyaman gitu atau nangis bentar sampe ibunya tau dia minta apa. Kadang juga adek rewel karena ngantuk tapi nggak bisa bobo.

Sebenernya Bun bayi rewel atau nangis itu karena dia ingin sesuatu atau merasa nggak nyaman terus dia cuma bisa nangis sebagai cara dia ngasi tau. Sebagai orang tua aku juga belajar bun mengerti adek Juna dan kebiasaan adek Juna. Mungkin kebiasaan adek Juna beda dengan baby yang lain tapi kita saling sharing ya bun. Kalau kita ingin bayi kita nggak rewel kita harus tahu dulu penyebab bayi rewel. Aku mau share alasan bayi rewel atau nangis  dan tips agar bayi tidak rewel dari pengalaman pribadi sama adek Juna :

  1. Lapar

Alasan pertama bayi rewel atau nangis itu lapar bun. Coba bunda ingat-ingat kebiasaan adek bayi minum seberapa sering dan seberapa banyak jadi ketika bayi rewel bunda udah punya feeling ooh paling lapar mau mimi susu. Tapi ingat ya bun walaupun lapar tapi bayi sebelum 6 bulan cuma boleh minum susu jadi berikan saja susu sampe kenyang.

2. Mau Gumoh

Kadang  adek Juna sehabis minum susu atau setelah beberapa saat terlihat rewel dan gelisah “eeh eeeh” dan terlihat nggak nyaman ternyata ingin sendawa. Justru kalau tidak disendawakan bisa jadi gumoh. Sehabis bayi minum susu sebaiknya disendawakan bun supaya bayi lega dan tidak gumoh. Tapi bila sehabis minum susu bayi ketiduran tidak usah disendawakan karena bayi sudah nyaman justru kalau dibangunkan untuk disendawakan bayi bisa menangis. Cara menyendawakan bayi ada beberapa bun bisa baca di alodokter.

Kalau adek Juna biasanya disendwakan dengan digendong di dada seperti ini.

Cara Menyendawakan Bayi
Cara Menyendawakan Bayi

3. Bayi Ingin Tidur

Kadang bayi rewel juga karena ingin tidur tapi belum nyaman. Bisa coba dengan digendong atau disusui. Bila masih nangis bunda harus tetap tenang, dan sabar.

4. Bayi Kepanasan atau Kedinginan

Jika suhu udara pas bayi juga akan lebih nyaman dan tidak rewel bun. Pakaikan bayi sesuai dengan cuaca bun misalnya cuaca panas pakaikan bayi baju yang tipis dan lebih terbuka. Sedangkan jika dingin pakaikan baju yang tebal dan tertutup. Kalau bisa jaga supaya suhu udara pas dan bayi tidak kepanasan.

5. Bayi Ingin Mandi

Bayi juga bisa risih dan tidak nyaman bun kalau tidak dimandikan. Sehabis mandi bayi biasanya ceria dan lebih nyenyak tidurnya.

6. Susu dari ibu atau dot terlalu pelan atau deras

Jika bunda pakai dot bunda juga harus perhatikan lubang dot yang sesuai untuk bayi supaya pas jadi bayi juga tidak cepat gumoh karena susu di dot terlalu deras keluarnya. Sedangkan kalau memberi asi juga perhatikan asi yang keluar jika bayi terlihat rewel saat minum asi coba bunda periksa apakah asi yang keluar masih cukup dan jika kurang bisa bunda pindah adek bayi minum asi dari payudara satunya.

7. Bayi Kembung

Jika bayi rewel dan menangis terus tanpa alasan yang jelas bisa jadi bayi kembung. Coba periksa apakah perut bayi keras. Bayi paling rewel dan bisa lama rewelnya kalau kembung bun karena rasanya pasti sangat tidak nyaman untuk bayi. Jika bayi kembung pertama-tama bunda harus sabar bun karena untuk menenangkannya butuh waktu lama. Dikutip dari alodokter berikut cara mengatasi perut kembung pada bayi:

  • Letakkan bayi di kasur dengan posisi tidur telentang. Angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengendarai sepeda. Gerakan ini dapat membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.
  • Pijat perut bayi secara perlahan dengan gerakan searah jarum jam. Sama seperti gerakan sebelumnya, cara ini dapat dilakukan dengan posisi tidur.
  • Usap-usap punggung dengan meletakkan bayi di atas kedua paha Anda dengan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup.
  • Susui si bayi dengan posisi sedikit tegak, agar susu dapat secara perlahan dan lancar masuk ke dalam perut sehingga tidak menimbulkan masalah perut.
  • Susui bayi sebelum dia merasa lapar. Hal ini bisa meminimalkan kemungkinan perut kembung pada bayi akibat masuk angin. Ketika bayi sudah menangis kelaparan, dia cenderung menelan angin lebih banyak bersamaan dengan makanannya.

Dan untuk mencegah bayi kembung tummy time atau tengkurap bagus loh bun lalu jika adek bayi minum susu formula aduk susu dengan sendok atau goyangkan dot searah jarum jam dan jangan kocok botol ke atas bawat kasinya bisa menghasilkan buih/busa/gelembung udara karena bisa menimbulkan bayi kembung.

8. Bayi Pipis atau Pup

Bayi pasti risih kalau sehabis pipis atau pup minta diapers atau celananya diganti dan dibersihkan bun. Kadang bayi juga rewel kalau mules dan belum bisa pup. Bunda harus sabar dan memakluminya nanti kalau sudah pup bayi lebih ceria dan mau tidur.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *